oleh

Nusantara Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Buah Bibir Media Mancanegara

Nusantara Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Buah Bibir Media Mancanegara. Jakarta – Nusantara diputuskan menjadi nama ibu kota negara baru menggantikan DKI Jakarta. Suara pro kontra menghiasi ruang publik masyarakat Indonesia.

Nusantara tak luput dari perhatian media mancanegara.
Nama Nusantara dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi ibu kota negara baru setingkat provinsi itu. Perdebatan nama Nusantara sempat terjadi di tingkat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang. Ibu Kota Negara atau Pansus IKN DPR RI ketika produk legislasi itu belum disahkan menjadi undang-undang.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan alasan dipilih nama Nusantara lantaran sudah dikenal sejak dulu dan ikonik secara internasional. Selain itu, nama itu mudah menggambarkan Republik Indonesia.
“Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional.

mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua. republik Indonesia. dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu. ” ujar dalam rapat di DPR seperti dirangkum detikcom, Rabu (19/1/2022).

Kemarin, Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) juga sudah disetujui menjadi undang-undang dalam rapat paripurna DPR RI. Dengan begitu, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) dengan nama Nusantara bisa dilaksanakan.

nusantara-ibu-kota-baru-indonesia

Jadi Bahasan Dunia

Salah satu media asing yang menyoroti Nusantara ialah CNN Internasional. ‘Indonesia namai ibu kota baru. setujui perpindahan dari Jakarta’. begitu headline yang ditulis CNN Internasional.

“Indonesia telah menamai ibu kota barunya Nusantara. setelah anggota parlemen menyetujui perpindahan dari Jakarta ke Kalimantan-daerah yang tertutup hutan di timur pulau Kalimantan. ” tulis CNN Internasional mengawali laporannya. dikutip detikcom.
Sorotan juga datang dari media asal Inggris, The Guardian. The Guardian menyorot Nusantara dalam artikel berjudul ‘Indonesia menamakan ibu kota barunya Nusantara, menggantikan Jakarta yang tenggelam’.

Baca artikel detiknews,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 komentar

News Feed